logo blog
Subscribe Gratis
Selamat Datang Di DAILY LIFE INTERNET MARKETING
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog DAILY LIFE INTERNET MARKETING,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ciri Hewan yang Bisa Di Sembelih Untuk Qurban Idul Adha

Hello...Pembaca yang baik hati :)
Dengan adanya penyembelihan hewan qurban pada saat lebaran haji atau idul adha, biasanya banyak masyarakat menyumbangkan satu hewan atau lebih baik itu di masjid maupun di rumah sendiri, hewan yang bisa di sumbangkan untuk di sembelih biasanya mempunyai ciri khusus menurut syariat islam ,  yah karena hewan yang harus di qurbankan pada lebaran idul adha biasanya tidak sembarang , bahkan umur hewan pun dengan umur tertentu.

Ciri Hewan yang Bisa Di Sembelih Untuk Qurban Idul Adha
Sumber Gambar News Viva
Hewan qurban biasanya di sembelih setelah sholat aid pada saat lebaran haji atau idul adha , menurut informasi islam qurban hukum nya wajib , karena tidak mungkin semua masyarakat ,mampu untuk membeli hewan, namun jika ada keyakinan dan mempunyai rezeky yang cukup jangan lupa untuk ber qurban pada saat lebaran haji atau idul adha.

Berikut Hadist Waktu Qurban

Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam bersabda "siapa saja menyembelih Hewan Qurban sebelum didirikan Sholat Id, maka dia menyembelih untuk dirinya. siapa saja yang menyembelih setelah Sholat Id dan 2 Khutbah maka dia telah menyempurnakan ibadahnya dan menjalankan dengan benar Sunnah Kaum Muslimin." (H.R. Syaikhan)

Daging hewan qurban yang sudah di sembelih biasanya di bagikan ke masyarakat yang kurang mampu, bahkan jika daging hasil qurban lebih banyak semua masyarakat desa pun kebagian untuk di bagikan daging hasil qurban, namun hewan apa sih yang bisa di qurban pada saat lebaran haji atau idul adha.

Berikut hewan yang bisa di Qurban Idul Adha

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah bersabda "janganlah kami sembelih kecuali yang sudah cukup umur;jika kalian kesulitan, sembelihlah domba yang masih muda." (H.R. Muslim, Abu Daud)

Hewan qurban idul adha yang cocok untuk di sembelih mempunyai syarat dan umur hewan pun harus sesui dengan syariat islam , namun hewan apakah yang bisa di sembelih ketika idul adha?! biasanya hewan qurban berupa hewan ternak yang mempunyai umur dan ciri khusus , berikut hewan yang bisa untuk qurban.

Unta
Hewan unta susah di dapatkan di Indonesia , namun unta juga tergolong hewan ternak di arab sana, dengan mempunyai ciri umur khusus untuk di qurban kan pada saat idul adha minimal umur unta 5 (Lima) tahun dengan kondisi yang sehat walafiat

Sapi Atau Kerbau
Sapi atau kerbau mudah di dapat di Indonesia , namun sapi juga mempunyai syarat khusus untuk siap di qurban , minimal umur sapi atau kerbau 2 (dua) Tahun , dengan kondisi sempurna sehat walafiat.

Kambing Atau Domba
Kambing atau domba sangat banyak di temui di Indonesia , bahkan hampir peloksok desa ada penggembala kambing atau domba, namun kambing juga mempunyai ciri khusus dengan umur minimal kambil 1 (satu) Tahun, dengan kondisi sempurna sehat walafiat.
  
Uqbah bin Amir, kami bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyembelih Qurban berupa domba yang masih muda." (H.R. Nasa'i, Baihaqi), Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda "sesungguhnya yang dikatakan [hewan] muda itu ialah yang telah cukup umur [memasuki tahun kedua]." (H.R. Abu Daud).

Perlu di ingat bahwa penyembelihan hewan qurban juga hukumnya sunah, bahkan ada nilai pahalanya ,namun ada juga hewan kurban/Qurban yang tidak sempurna bahkan hewan tersebut cacat , nilai pahala pun tidak ada, hewan yang cacat tidak bisa untuk di qurban kan, seperti hewan yang tidak sah di Qurbankan berikut cirri aib nya.
  1. Buta sebelah yang jelas/tampak
  2. Sakit yang jelas.
  3. Pincang yang jelas
  4. Sangat kurus, tidak mempunyai sumsum tulang
Diatas adalah cacat hewan qurban yang tidak sah untu di qurban kan pada saat idul adha, bahkan jika anda memaksakan untuk menyembelih , hukumnya tidak sah , karena hewan yang bisa untuk qurban idul adha harus sempurna dan mempunyai umur tertentu seperti di atas.

Mungkin artikel kali ini cukup sekian , kurang dan lebihnya saya mohon minta maaf , semoga artikel yang saya tulis di blog ini bisa bermanfaat dan berguna untuk pembaca. Mungki anda juga bisa melihat artikel berikut Cara Membuat Laporan PKL Atau Prakerin
Enter your email address to get update from Blog Jari Mengetik.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

makasih info nya nih gan, ternyata tidak semua hewan bisa disembelih untuk kurban ya...

Balas

sama - sama ,mungkin begitu sob, dalam islam sudah ada peraturan dan aturannya....

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Jika anda berkenan silahkan tinggalkan komentar anda di artikel ini namun ada ketentuan untuk berkomentar ;
* Dilarang berkomentar promosi
* Dilarang menautkan link aktif di kalimat komentar
Komentar yang melanggar akan terblokir secara otomatis
! Terkadang komentar akan dimoderasi karena banyaknya spam

Copyright ©. DAILY LIFE BLOG INTERNET MARKETING - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger Okevesta